Android M Resmi Diperkenalkan, Ini Dia Fitur Unggulannya

android m

Ajang konferensi Google I/O 2015, Kamis (28/5/2015) waktu setempat mengumumkan dan menunjukkan kisi-kisi soal Android M yang jadi penerus Lolipop.

Pada event ini, Senior Vice President Google Sundar Pichai tidak mengungkap nomor seri sistem operasi terbaru mereka. Namun dia menunjuk Vice President of Engineering Google Dave Burke untuk memamerkan preview fitur-fitur yang akan menjadi kelebihan Android M.

Hal pertama yang ditunjukannya adalah perubahan sistem keamanan. Google memberikan kuasa untuk menerima atau menolak permintaan izin keamanan sebuah aplikasi.

Dengan demikian aplikasi tidak akan bisa sembarangan membuka lokasi atau kamera pengguna. Aplikasi akan meminta izin pada pengguna ketika programnya ingin mengakses kamera atau lokasi.

Fitur tersebut berbeda dengan seri Android sebelumnya. Pada seri yang lalu, persetujuan soal akses kamera, lokasi atau sejenisnya harus diberikan saat pengguna mengunduh suatu aplikasi.

Peramban Chrome juga tak kalah diperbarui. Mereka menambahkan sebuah fitur bernama Chrome Custom Tabs yang berfungsi membuat pengembang aplikasi dapat menyematkan halaman web di dalam aplikasinya.

Fitur lain yang disebut Burke menarik adalah Doze. Fungsinya untuk mengelola daya yang digunakan oleh ponsel. Misalnya, jika ponsel tidak bergerak selama beberapa waktu, maka Doze akan langsung memutus aplikasi yang aktif.

Selain kedua fitur tersebut, Burke juga mengonfirmasi bahwa Android M mendukung pemindaian sidik jari. Sistem operasi terbaru ini juga menyederhanakan pengendalian volume dan penerapan USB type C.

Berikut ini adalah kisi-kisi fitur terbaru Android M :

Android M adalah MNC

Seperti diketahui, nama versi Android pertama hingga menyusul yang terbaru, Google selalu menggunakan inisial huruf sesuai abjad dan nama makanan pencuci mulut. Maka spekulasi mengenai hal tersebut juga bergulir hingga versi terbaru kali ini, bahkan beberapa sumber menyebutkan bahwa kepanjangan nama M adalah Muffin atau Marshmallow.

Meski demikian, sumber lain yang mengklaim hadir dari sumber dekat internal Google, yakni CODEC, mengungkapkan bahwa perusahaan akan menggunakan nama Macadamia Nut Cookie atau bisa disingkat dengan nama MNC.

Material Design

Beberapa sumber informasi menyebutkan bahwa evolusi dari perkembangan sistem operasi versi Lollipop, yakni Android M akan hadir dengan material desain yang lebih kuat. Bahkan diklaim lebih elegan dibanding cantik layaknya desain pada OS Android versi Lollipop yang ada saat ini.

Easy Interaction

Kemudahan interaksi dengan sistem operasi Android M nanti, diungkapkan akan lebih user friendly dibanding dengan Android versi di bawahnya. Salah satunya adalah kemudahan interaksi dengan fitur perintah suara, sehingga memungkinkan pengguna mengaktifkan sebuah aplikasi maupun membangunkan sistem hanya dengan suara saja.

Performa

Sistem operasi Android M diklaim akan hadir dengan performa kinerja yang lebih baik, seperti mengakses serta waktu booting yang lebih cepat. Lainnya adalah, manajemen memori RAM yang lebih baik dibanding dengan pendahulunya, karena OS versi terbaru nanti akan bisa memanajemen aplikasi yang berjalan maupun default bawaan perangkat.

Share this article
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

1 comment

Leave a reply