Cek Fitur Unggulan Android 5 Lollipop Disini

android 5 lolipopAndroid 5.0 yang diperkenalkan kemarin dengan nama Lollipop ini membawa peningkatan yang cukup signifikan. Diantara peningkatan dari Android 4.4 Kitkat adalah dari segi interface, notifikasi, baterai dan baterai.

Di versi Android 5.0 Lollipop ini akan menggunakan Volta, yang merupakan sebuah proyek besutan Google untuk menghemat konsumsi baterai. Dengan Volta yang sudah disisipkan di Android 5.0 Lollipop, smartphone akan mendapat ekstra 90 menit masa hidup baterai. Volta sendiri sudah dibuktikan saat disematkan dalam Nexus 5. Selain itu ada fitur Personal Unlocking, Dimana fitur ini akan sangat memudahkan pengguna smartphone atau tablet. Fitur ini akan mengenali suara, dan alat lain yang digunakan oleh pengguna yang sama, seperti wearable smart-watch. Fitur ini akan dengan sendiri meng-unlock tanpa harus dibuka dengan pola atau password. Selama Anda masih bisa diditeksi dengan Bluetooth, membuka smartphone Anda tidak akan sulit lagi.

Bagi Anda yang ingin mengetahui fitur terbaru Android 5 Lolipop, ini dia daftar lengkap fitur Android 5.0 Lollipop :

Bahasa Visual “Material Design”

Bahasa visual baru Android yang terinspirasi oleh alam, fisika, dan berani, tampilan grafis terlihat seperti cetakan. Atau dengan kata lain, desain yang didasarkan pada kualitas kertas. Untuk mengesankan Material Design, terlihat seperti metafora material  “menggunakan atribut taktil  yang familiar” dan “pencahayaan yang realistis” untuk memberikan “ruang rasionalisasi” dan “sistem gerak”.

Fundamental kedua adalah gerak. Google sangat spesifik tentang bagaimana Android bergerak pada layar perangkat Anda . Seluruh aksi berlangsung dalam satu lingkungan Objects disajikan kepada pengguna tanpa menggangu aktifitas bahkan saat mereka mengubah dan mereorganisasi. Feedbacknya halus namun jelas.

Menu Recent Apps Baru

6_images_stories_imagesoktober2014_thumb_other400_0

Tab recent Apps sekarang menyerupai tab browser Google Chrome. Google juga membuka API ini untuk pengembang, jadi pengembang dapat memodifikasi aplikasi tertentu agar tampil unik di recent apps.

Notifikasi diperbaharui

Brand-new_JPEG_images_stories_imagesoktober2014_thumb_other400_0

Google coba menghadirkan cara baru untuk mengontrol kapan dan bagaimana user menerima pesan. Di Android Lollipop, notifikasi hanya muncul saat Anda inginkan. Bisa menampilkan dan merespon pesan langsung dari lock screen, termasuk kemampuan menyembunyikan konten sensitif. Priority mode bisa diaktifkan lewat tombol volume sehingga hanya orang dan notifikasi tertentu saja yang bisa dilihat.

Notifikasi dirancang lebih cerdas sehingga bisa memprioritaskan notifikasi yang lebih penting di atas yang lain, berdasar siapa pengirimnya dan tipe komunikasinya. Semua notifikasi ditampilkan dalam satu tempat dengan cara tap di bagian atas screen.

Baterai Lebih Awet

Proyek Volta membuat baterai lebih tahan lama /awet,bertambah hingga 90 menit. Ini merupakan estimasi waktu yang dibutuhkan hingga baterai full ditampilkan saat ponsel sedang di-charge. Selain itu estimasi waktu tersisa sebelum di-charge kini bisa dicek di battery setting.

Keamanan

Perangkat baru yang disertai enkripsi secara otomatis diaktifkan untuk membantu melindungi data yang ada di ponsel curian selain itu SELinux digunakan untuk semua aplikasi, yang berarti ponsel akan semakin terlindungi dari serangan malware.

Penggunaan Android Smart Lock untuk melindungi ponsel/tablet dengan cara pair dengan perangkat lain seperti smartwatch atau bahkan mobil.

Device sharing

Ponsel dilengkapi fitur multiple user. Anda tetap bisa menelepon ataupun mengakses pesan SMS, foto, dll dengan cara login dari perangkat Android Loliipop lain. Screen pinning, untuk pin screen sehingga user lain bisa mengakses konten tersebut tanpa mengganggu data Anda yang lain.

Fitur Quick Settings

Setting bisa diakses dengan swipe down dua kali dari bagian atas screen, ada juga pilihan tombol baru untuk mengakses flashlight, hotspot, screen rotation dan cast screen. Kini toggle ON/OFF WIFi, Bluetooth dan location lebih mudah untuk diakses

Tingkat kecerahan / Brightness bisa diatur secara manual untuk berbagai kondisi. Adaptive brightness akan otomatis diatur berdasar gelap/terang suana di sekitar Anda.

Konektivitas

Peningkatakan koneksi internet, Bluetooth menggunakan daya yang lebih rendah, Koneksi internet lebih lancar dengan lebih sedikit gangguan. Anda bisa melakukan video chat atau VoIP calls tanpa gangguan/ terputus, bahkan saat Anda meninggalkan rumah atau beralih dari WiFi ke jaringan seluler.

Scanning untuk mencari Bluetooth yang tersedia di sekitar Anda tidak membutuhkan daya baterai besar dan ada mode BLE baru

Android Runtime dan Kinerja

Kinerja komputing lebih cepat, mulus dan kuat dengan ART (sebuah Android runtime yang benar-benar baru) menggantikan Dalvik compiler ke ART yang efisien, yang akan membuat Android benar-benar cross-platform pada ARM, x86 dan MIPS.

ART compiler secara signifikan akan mengoptimalkan kerja memori dan aplikasi ketika loading, jadi Google menjanjikan kinerja hingga dua kali lebih cepat. Selain itu, semua ART 64-bit, sehingga dapat mengambil keuntungan dari aplikasi baru yang ditulis dari groundup untuk pengolahan arsitektur 64-bit, seperti prosesor Cortex-A57 ARM yang baru.

Hal ini membuat UI lebih mulus sehingga mampu menampilkan aplikasi yang lebih kaya dan kompleks selain itu aplikasi background dan layanan diperbaiki sehingga Anda bisa melakukan lebih banyak hal dalam satu waktu.

Mendukung perangkat 64 bit, seperti Nexus 9, memberikan performa CPU sekelas desktop dan mendukung SoCS 64 bit dengan ARM, x86 dan core berbasis MIPS. Lollipop dilengkapi aplikasi 64 bit seperti Chrome, Gmail, Calendar, Google Play Music, dll

Media

Peningkatan grafis di video, kamera dan audio, dimana laten audio lebih rendah sehingga menjadikan aplikasi musik dan komunikasi mampu menghadirkan kesan realtime tanpa delay. Multi channel audio strem mixing: aplikasi audio profesional kini bisa digabung hingga 8 channel termasuk channel 5.1 dan 7.1.

Dengan USB audio support kini Anda bisa memasang mikrofon USB, speaker, dan USB audio lain seperti amplifier dan mixer ke perangkat Android Lollipop serta OpenGL ES 3.1 dan Android extension pack membawa Android sejajar dengan desktop dan konsol dalam hal performa grafis

Bisa merekam video 30fps resolusi penuh dan mendukung format video raw seperti YUV dan Bayer RAW. Control capture settings untuk sensor, lensa dan flash untuk tiap frame Capture metadata seperti noise models dan informasi optikal serta teknologi video dilengkapi dukungan untuk HEVC sehingga memungkinkan memutar video UHD 4K 10 bit, peningkatan kualitas HSL support untuk streaming, dll.

Peningkatan di asisten Virtual Google, kini ketika layar dalam kondisi mati, Anda tetap bisa mengucapkan “OK GOOGLE” dengan memanfaatkan dukungan sinyal digital, seperti yang ada di Nexus 6 atau Nexus 9. Selain itu Anda bisa memerintah Google untuk mengirim pesan teks, menunjukkan arah, dll.

Kini kapanpun Anda ingin berganti perangkat Android baru, Anda bisa membawa serta aplikasi dari Google Play yang sebelumnya telah terinstall di perangkat Android lama Anda. Selain fitur di atas, Android Lollipop juga disertai kemampuan lain seperti adanya support dan perbaikan untuk aksesoris hardware keyboard yang dilengkapi lebih dari satu bahasa, emoji, search key, dll. Satu lagi, untuk mengatifkan ponsel Android Lollipop, Anda cukup sentuh screen 2x. Lengkapnya cek saja video dibawah ini.

Share this article
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a reply