Ini Dia Daftar Smartphone Keren Terbaru Yang Siap Rilis 2016

Pada penghujung tahun 2015 ini beberapa vendor smartphone ternama telah mengeluarkan beberapa produk smartphone unggulannya, namun mereka tak serta-merta beristirahat karena nyatanya mereka telah menyiapkan berbagai ponsel /smartphone keren di tahun 2016 mendatang.

Pada tahun 2016 sendiri lini mid-end dan low-end akan mengalami ledakan ponsel dengan spesifikasi mumpuni namun dibanderol dengan harga terjangkau,  bagi Anda yang berminat untuk membeli smartphone unggulan terbaik beberapa vendor smartphone ternama seperti Samsung, Motorola, Xiaomi, LG, Sony, Microsoft, OnePlus, Blackberry dan HTC sudah menyiapkan berbagai smartphone andalan mereka di tahun 2015.

Berikut ini daftar smartphone unggulan di tahun 2016 :

Apple iPhone 7

apple iphone 7 parachute

Penerus iPhone 6 ini kabarnya akan dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan, banyak pihak yang memprediksi Apple bakal membuat iPhone generasi terbaru memiliki kemampuan waterproof. Dugaain ini diperkuat oleh paten yang baru saja diterima perusahaan berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu. Dalam laman resmi badan paten Amerika Serikat USPTO ditemukan sebuah paten yang diajukan oleh Apple. Paten tersebut bernama Electronic Devices With Housing Port Shutters.

Dengan adanya paten tersebut kian menambah lapisan pertahanan perangkat Apple dari air. Sebelumnya perusahaan yang dikomandoi Tim Cook ini telah pula menerima paten Liquid Expulsion From An Orifice yang berisi bagaimana suara dapat mengeluarkan air dalam sebuah port. Paten Electronic Devices With Housing Port Shutters sendiri berisi teknologi yang akan membantu menutup bagian komponen penting yang terbuka sehingga terhindar dari masuknya air. Komponen tersebut meliputi speaker, mikrofon, jack headphone dan slot SIM card.

Penutup tersebut akan bekerja otomatis ketika perangkat mendeteksi ada unsur berbahaya, misalnya air atau udara yang terkontaminasi. Pemilik iPhone juga dapat mengaktifkan fitur tersebut dengan perintah suara ataupun tombol digital di layar ponsel. Seperti dilansir dari laman TechTimes, tidak diketahui apakah paten ini akan digunakan di iPhone 7. Namun semenjak iPhone 6S tahan direndam dalam air, kemungkinan Apple akan mengaplikasikan paten ini ke iPhone selanjutnya.

Selain itu, laporan media G For Games menyebutkan Apple tengah menguji lima varian iPhone 7 yang memiliki spesifikasi berbeda. Salah satu model diklaim menggunakan USB C untuk mengantikan konektor lightning. Model lainnya mengusung teknologi charger nirkabel wireless charging. Tiga sisanya mengusung multi-touch 3D Touch, kamera ganda dan in-display fingerprint recognition.

Teknologi wireless charging sendiri telah sejak lama diminta oleh pengguna iPhone. Sayangnya, Apple belum juga mengabulkan permintaan tersebut. Namun dikarenakan Apple sukses mengusung teknologi tersebut di jam pintarnya. Perusahaan berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu kabarnya tertarik membawa teknologi charger nirkabel di perangkat ponselnya.

Bicara mengenai multi-touch 3D Touch, mungkin Apple akan membuat teknologi 3D Touch mendukung lebih banyak jari. Jadi misalnya dua jari ditekan ke permukaan layar. Maka iPhone akan menampilkan opsi yang berbeda dengan saat menekan dengan satu jari. Pengujian in-display fingerprint recognition sendiri seperti menguatkan rumor yang sebelumnya beredar. Di mana disebutkan Apple akan menghilangkan tombol home di iPhone.

Perusahaan yang dikomandoi CEO Tim Cook ini memang mendapat keluhan soal ukuran bezel iPhone bagian atas dan bawah yang cukup luas. Dengan menghilangkan tombol home, mungkin Apple akan membuat ponselnya dengan bezel yang tipis. Seperti dilansir dari 9to5Mac, dikarenakan ini semua masih uji coba, jadi belum tentu semuanya bakal tersedia di iPhone 7. Bisa jadi akan terdapat di iPhone selanjutnya atau malah tidak jadi digunakan sama sekali.

Teknologi keren kabarnya sedang dikembangkan Apple untuk iPhone 7, seperti diketahui karakter superhero Iron Man menggunakan semacam mesin pendorong di telapak tangan dan kaki untuk membuatnya terbang, teknologi seperti ini rumornya diaplikasikan di ‘iPhone 7’.

Hal ini digambarkan dalam sebuah video yang isinya memajang konsep iPhone 7. Kalau secara desain, ponsel dalam video punya desain yang tak terlalu berubah dari iPhone 6S sekarang. Namun yang membuatnya menarik adalah ponsel tersebut punya mesin pendorong. Tapi fungsinya tentu bukan untuk terbang, melainkan merupakan sistem anti jatuh untuk menghindari iPhone 7 rusak ketika tak sengaja terjatuh.

Jadi mesin pendorong ini akan mulai berfungsi kalau iPhone 7 dianggap melayang ke bawah dengan kecepatan yang tidak biasa. Sistem akan menghitung jarak sebelum iPhone 7 menghantam permukaan. Ketika tinggal beberapa inch sebelum membentur, sistem anti jatuh akan menyemburkan gas CO2 yang akan menahan ponsel dari benturan. Ponsel akan seperti kelihatan melayang layaknya Iron Man ketika gas CO2 disemburkan.
Bagi Anda yang penasaran dapat menyimak videonya berikut ini:

Samsung Galaxy S7 & Samsung Galaxy S7 Edge

galaxy s7

Handset flaghip terbaru Samsung selanjutnya, yakni Galaxy S7 akan hadir tahun 2016 dan menurut akun bocoran @evleaks punya kabar yang menarik seputar varian handset penerus Galaxy S6 itu. Mengacu dari informasi tersebut, Galaxy S7 kabarnya akan hadir dengan empat edisi atau varian yang terdiri dari Galaxy S7, Galaxy S7 Plus, Galaxy S7 Edge, dan Galaxy S7 Edge Plus. Sejatinya ragam varian pada Galaxy S bukan hal mengherankan, mengingat seri sebelumnya, Galaxy S6, juga tampil dalam beberapa model.

Rencananya Samsung akan mengumumkan jajaran Galaxy S7 di Mobile World Congress (MWC) 2016 yang digelar di Barcelona, Spanyol, bulan Februari 2016. Tak hanya mengumumkan jajaran Galaxy S7, Samsung kabarnya juga akan memperkenalkan chipset terbarunya, yakni Exynos 8890.

Sudah jadi hal lumrah memang jika ada sebuah gadget flagship terbaru, rumor pun akan terus berdatangan. Baru-baru ini akun bocoran lain bernama @OnLeaks mempublikasikan hasil rendering Computer-aided Design (CAD) dari bodi Galaxy S7 Plus.

Dari hasil rendering itu terlihat bahwa Galaxy S7 Plus tampil dengan bodi yang chubby atau tebal, dengan perkiraan dimensi 163,32 x 82,01 x 7,82 mm. Tak cuma soal desain render, @OnLeaks juga mengatakan jika Samsung mungkin takkan membekali seri Galaxy S7 ini dengan USB type-C seperti digosipkan sebelumnya. Vendor raksasa asal Korea Selatan ini akan tetap menyematkan micro USB.

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge kemungkinan akan dijual mulai April 2016.

Nextbit Robin

nextbit-robin-759

Nextbit Robin adalah ponsel Android yang berbasis cloud storage pertama yang ada di dunia. Ponsel tersebut kini sudah bisa dipesan dengan harga mulai dari USD 399 atau sekitar Rp 5,3 juta (USD 1 = Rp 13.500), meski baru akan dikirimkan ke pemesannya pada Februari 2016.

Sebelum ini, Nextbit sudah menjajakan Robin di Kickstarter, di mana mereka berhasil menggalang dana sebesar USD 1,36 juta. Caranya adalah dengan menawarkan diskon khusus sebesar USD 50 hingga USD 100 dibandingkan harga sekarang.

Selain bentuknya yang unik, Robin adalah ponsel Android kelas menengah yang bisa mempelajari kebiasaan penggunanya. Contohnya, aplikasi yang jarang digunakan akan ‘dihapus’ dari storage ponsel dan dipindahkan ke cloud storage.

Hal yang sama juga terjadi pada berkas-berkas seperti foto dan sejenisnya. Proses pemindahan dari storage lokal ke awan tersebut akan terjadi ketika ponsel Robin sedang di-charge dan terhubung ke jaringan WiFi.

Orang di balik pembuatan Nextbit adalah Scott Croyle yang merupakan mantan bos desain HTC, serta Tom Moss dan Mike Chan — mantan anggota tim Android di Google. Mereka mendirikan Nextbit pada tahun 2012 dan sejak itu mulai mengembangkan proses backup software dengan sistem yang lebih pintar.

Nextbit Robin tersedia dalam dua pilihan warna, mint (hijau) dan midnight (hitam). Jeroannya dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 808, RAM 3 GB dan storage internal 32 GB (termasuk 100 GB di cloud).

Layarnya berukuran 5,2 inch dengan resolusi 1080p, kamera belakang 13 megapixel dengan Android 6.0 Marshmallow. Setiap pembeli Nextbit harus menyediakan charger sendiri — atau membeli dari Nextbit seharga USD 10, karena charger tersebut tak tersedia dalam paket pembelian.

Nexbit Robin sendiri belum pasti rilis di Indonesia, bagi Anda yang berminat bisa mengimpor gadget yang satu ini dari luar negeri.

Nexus 5X dan Nexus 6P

harga nexus5x

Kedua ponsel ini memang sudah dirilis secara resmi di luar negeri namun di Indonesia sendiri kabarnya akan dirilis pada tahun 2016. Dua perangkat Nexus terbaru yang dibuat oleh LG dan Huawei tersebut dibanderol dengan harga mulai USD 379 atau sekitar Rp 5,4 juta (USD 1 = Rp 14.000) ini merupakan harga Nexus 5X 16 GB.

Tentu perlu diingat harga ini adalah harga di luar negeri sementara jika dirilis secara resmi di Indonesia maka harganya akan disesuaikan, mungkin saja harganya dibawah Rp 5 jutaan jika dirilis di Indonesia. Sementara untuk Nexus 6P, yang termurah adalah USD 499 atau sekitar Rp 7,3 juta untuk versi 32 GB.

Spesifikasi Nexus 5X sendiri terbialang mumpuni dengan ukuran layar 5,2 inch beresolusi 1080p dengan menggunakan Snapdragon 808 sebagai otaknya.

Spesifikasi Nexus 6P di atasnya yakni memiliki ukuran layar 5,7 inch, dengan resolusi QHD dan prosesornya Snapdragon 810.

Namun kedua ponsel ini memiliki sejumlah fitur serupa, seperti Nexus Imprint, yang merupakan teknologi sensor sidik jari milik Google. Mereka mengklaim bahwa teknologi ini bisa mengenali sidik jari dalam waktu 600 ms saja.

Lalu ada juga kamera belakang 12,3 megapixel yang disebut bisa menangkap lebih banyak cahaya, sehingga kualitas gambar tetap terjaga meski dipakai di ruangan yang relatif gelap.

Persamaan lainnya adalah baik 5X dan 6P menggunakan prosesor 64 bit buatan Qualcomm, port USB Type-C dan tentu saja menggunakan OS Android teranyar, yaitu Android 6.0 Marshmallow dengan berbagai fitur anyarnya.

Dalam sebuah acara yang diadakan di San Francisco, Amerika Serikat itu, Google mengumumkan bahwa dua ponsel Nexus ini sudah bisa dipesan mulai hari ini, dan akan dikirimkan ke pembelinya pada bulan November.

Saat ini LG Nexus 5X dan Huawei 6P baru tersedia di Google Store di empat negara, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Irlandia dan Jepang.

Di keempat negara itu, Nexus 5X dibanderol USD 379 untuk versi 16 GB dan USD 429 untuk 32 GB. Sementara Nexus 6P harganya berkisar dari USD 499 hingga USD 649.

LG V10

lg v10

LG V10 merupakan smartphone terbaru LG yang rencananya akan diperkenalkan sebuah event pada 1 Oktober 2015, uniknya ponsel ini memiliki layar ganda atau dual screen dengan layar utama berukuran 5,7 inci dengan resolusi QHD.

Dilansir Techradar, ukurannya yang 5,7 inci membuatnya lebih besar dibandingkan LG G4. Uniknya, smartphone anyar itu memiliki layar sekunder yang berukuran lebih kecil dibanding layar utama. Untuk menunjang kegiatan multitasking, handset LG dual-screen itu didukung RAM 3 GB.

Perihal dapur pacu, smartphone LG V10 dibekali Qualcomm Snapdragon 808, storage 64 GB, kamera belakang 16 MP, serta kamera depan 5 MP. Belum diketahui berapa banderol harga perangkat smartphone terbaru buatan vendor asal Korea Selatan tersebut.

Desas-desus yang berkembang, perangkat ini muncul awal September 2015. Saat itu, LG V10 muncul dalam dokumen TENAA, regulator sertifikasi asal China. Kabarnya, V10 mengusung fitur pemindai sidik jari yang diletakkan di bawah tombol home pada punggung handset.

Informasi lain yang beredar menyebutkan, layar sekunder atau ‘auxiliary screen‘ yang berukuran kecil ini diletakkan di atas layar utama. Tampaknya, LG mengusung inovasi yang berbeda agar dapat bersaing dengan Galaxy S6 Edge. Galaxy S6 Edge tampil dengan inovasi pada layar, yakni memiliki bentuk melengkung di bagian tepi atau yang biasa disebut dengan edge screen.

HTC One M10

HTC sebelumnya meluncurkan HTC One A9 di bulan Oktober kemarin, pada bulan Maret 2016 mendatang HTC kabarnya akan meluncurkan HTC One M10. Biasanya HTC One diluncurkan setelah event Mobile World Conggress pada bulan Maret. Sejumlah peningkatan dari segi spesifikasi tentunya akan ada di HTC M10, kita tunggu saja berita terbarunya.

LG G5

Masih belum banyak berita mengenai kemunculan LG G5, namun kabarnya akan dirilis pada musim semi 2016 sekitar Agustus – November. Kabarnya LG G5 akan menggunakan Iris Scanner, hal ini tentunya akan menjadi fitur unggulannya dimana smartphone yang lain masih banyak yang menggunakan scanner sidik jari. Selain itu bocoran spesifikasi yang lain yakni LG G5 akan mengusung baterai yang lebih besar kemungkinan 4000 mAh.

Sony Xperia Z6

Xperia Z5 baru saja diluncurkan namun Sony kabarnya sedang menyiapkan seri Xperia Z6. Seri terbaru ini akan membawa fitur anti air dan scanner sidik jari seperti pendahaulunya, selain itu masih belum banyak diketahui menegenai smartphone yang satu ini.

Share this article
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a reply