Google Nexus 6, Nexus 9, Android 5.0 Lolipop dan Nexus Player Resmi Diperkenalkan

Google akhirnya memperkenalkan lini produk terbarunya secara resmi yang terdiri dari OS terbaru Android 5.0 Lollipop, Google Nexus 9 dan Nexus 6 serta Nexus Player. Pengumuman ini dilakukan melalui sebuah tulisan di blog Google oleh Sundar Pichai, bos Android di Google.

Google Nexus 6 - Spesifikasi dan Harga 2Ponsel yang banyak ditunggu para penggemar OS Android ini memiliki spesifikasi kelas atas, hal ini terlihat dari spesifikasi Google Nexus 6 yang menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 805 2.65GHz berisi prosesor Krait 450 quad core dengan RAM 3GB. Untuk layarnya sendiri Nexus 6 mengalami peningkatan ukuran dimana sebelumnya berukuran 5 inci kini Nexus 6 berukuran 6 inci dengan resolusi QHD (2560 x 1440 piksel) dengan kerapatan 496 ppi.

Untuk urusan kameranya sendiri, juga mengalami peningkatan signifikan dari pendahulunya dimana sekarang menggunakankamera belakang kamera 13MP f/2.0 dengan lampu kilat LED ganda dan di depan ada kamera selfie 2 megapiksel.

Nexus 6 tersedia dalam dua varian yaitu versi 32GB dan 64GB tanpa slot microSD. Baterainya berkapasitas 3220 mAh yang tidak bisa dilepas, namun Nexus 6 memiliki fitur Turbo Charging yang memungkinkan baterai bertahan selama 6 jam dengan hanya mengisi ulang selama 15 menit.

Motorola Nexus 6 bisa dipesan mulai tanggal 29 Oktober dengan harga Nexus 6 dibanderol USD 649 atau sekitar Rp. 6.700.000 melalui Google Play Store untuk versi 32GB. Adanya Nexus 6 ini tidak serta merta menghilangkan Nexus 5 yang tetap tersedia di Play Store dengan harga yang sama. Nexus 5 juga akan menerima update Android 5.0 Lollipop, bersama Nexus 4, 7, 10, dan perangkat lain yang dijual dalam edisi Google Play.

htc nexus 9

Tablet besutan HTC yakni Nexus 9 ini merupakan tablet pertama dengan OS Android 5 Lollipop. Tablet ini memakai layar IPS 9 inci dengan resolusi 2048 x 1536 piksel, atau menggunakan rasio aspek 4:3.

HTC Nexus 9 menggunakan chip Nvidia Tegra K1 2.3GHz 64-bit dan GPU Kepler DX1 ditunjang RAM 2GB. Tablet dengan ketebalan hanya 7,9 milimeter ini memiliki kamera belakang 8 megapiksel dan kamera depan 1,6 megapiksel dengan baterai 6700 mAh. Google juga menyediakan papan ketik opsional untuk tablet Nexus 9 yang tersambung secara magnetik. Untuk harga Nexus 9 sendiri kabarnya akan dibanderol USD 399 atau sekitar Rp 4,8 juta

android 5 lolipop

Android seri 5.0 bernama Android Lollipop ini adalah rilis terbesar dan paling ambisius dari Google untuk Android. Bagi developer / programer, Android L menyediakan lebih dari 5000 API (Application Programmed Interface – Antarmuka Pemrograman Aplikasi) sehingga fleksibel, bisa bekerja di semua perangkat, dan bisa dikustomisasi sesuai keinginan.

OS Android Lollipop bisa diterapkan di ponsel, tablet, hingga televisi. Lollipop juga memiliki sinkronisasi antarperangkat, semisal memutar lagu, foto, ataupun aplikasi di satu gadget maka akan terekam di perangkat lain yang menggunakan akun yang sama, dengan pengalaman pemakaian yang tetap.

Lollipop juga mampu menyaring notifikasi yang masuk, memiliki fitur penghemat baterai hingga 90 menit, serta adanya akun jamak termasuk mode tamu yang diamankan menggunakan PIN, kata kunci, atau pola tertentu menggunakan SmartLock.


nexus player

Selain mengumumkan OS terbaru dan gadget terbaru, Google juga mengumumkan perangkat Android TV bernama Nexus Player. Perangkat ini dibuat bekerjasama dengan Asus dan merupakan perangkat streaming video, audio, maupun film, termasuk perangkat game Android pertama. Nexus Player bisa dipakai untuk memainkan game menggunakan monitor layar televisi dan gamepad yang juga kompatibel dengan Chromecast sehingga bisa terhubung dengan Chromebook, Android, ataupun iOS.

Nexus 9 dan Nexus Player bisa dipesan melalu pre-order mulai 17 Oktober dan akan tersedia atau mulai dijual awal November.

Share this article
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a reply