Hati-Hati Tertipu Galaxy S6 Palsu, Jangan Tergiur Harga Murah

galaxy s6 palsu asli

Galaxy S6 Asli (kiri) dan Galaxy S6 Palsu (kanan)

Jangan tergiur dengan harga murah jika membeli smartphone flagship karena pria asal Kanada harus menerima kenyataan jika seri Galaxy S6 yang dibelinya ternyata palsu.

Seperti dilansir Ubergizmo, Rabu (24/6/2015), melalui akun jejaring sosial dan berita, Reddit, pria asal Kanada itu membeli Galaxy S6 dengan harga yang lebih murah. Dalam postingan-nya di Reddit, pria itu menggambarkan betapa senang dirinya saat dapat membeli smartphone flagship Samsung itu dengan harga miring.

Jika harga resmi Samsung Galaxy S6 di Amerika Serikat ialah USD739 atau sekira Rp9,8 juta, Galaxy S6 yang dijual melalui Reddit itu hanya dibanderol seharga USD650 atau sekira Rp8,6 juta. Pria asal Kanada itu diketahui membeli Galaxy S6 aspal tersebut melalui distributor bernama Kijiji.

“Minggu lalu, saya memiliki dorongan untuk membeli smartphone baru. Saya membutuhkannya, lalu saya melihat harga Galaxy S6 USD739. Tidak terlalu mahal memang, tapi mungkin saya bisa mendapatkan kesepakatan yang lebih murah di tempat lain,” ujar pria yang tak disebutkan identitasnya itu.

Pria yang tertipu itu memaparkan jika pihak penjual hanya menunjukkan foto dari kotak Galaxy S6, meski awalnya sempat curiga karena kotak smartphone itu terlihat berbeda, namun ia mengabaikannya dan tetap mengatur pertemuan untuk menyerahkan Galxy S6 palsu itu. “Saat pulang, saya membandingkan seri S6 baru dari toko yang aman, tidak disegel, tapi di dalam kotak. Segera setelah melihat kotak itu saya sadar telah membuat kesalahan. Dibandingkan kedua ponsel asli, saya benar-benar membeli ponsel palsu,” tambah pria itu.

Sayangnya, polisi tak dapat berbuat banyak untuk menyelesaikan kasus penipuan tersebut. Polisi menganggap ini masalah perdata dan bukan pidana, meskipun faktanya penipuan itu juga pernah terjadi sebelumnya di masa lalu.

Lain lagi halnya kasus yang dilansir KompasTekno, salah satu yang sudah “terjebak” dengan produk palsu ini adalah seorang pria asal Ukraina yang berdomisili di Amerika Serikat bernama Taras. Ia merupakan pemilik kanal YouTube terkenal, TechRax.Kanal itu selama ini dikenal sebagai “penyiksa” gadget, gemar menguji daya tahan perangkat dengan cara yang sangat ekstrim.

Taras sendiri tidak mau menceritakan secara mendetail, bagaimana ia bisa sampai membeli perangkat palsu tersebut. Dia hanya menjelaskan, ada seorang pria berbaju rapi yang menghampirinya dan menawarkan Galaxy S6. Tanpa ada rasa curiga, mungkin karena bentuknya yang mirip, Taras pun langsung membelinya. Tentu saja, Taras begitu kaget setelah meneliti perangkat tersebut. Galaxy S6 yang baru dibelinya ternyata palsu.

“Saya merasa bodoh karena tidak memperhatikan ponsel ini dengan baik. Saya hanya mengambilnya, mempercayainya, dan langsung pergi,” kata Taras.

Video cara membedakan antara Galaxy S6 asli dan KW

Sebagai pemilik akun YouTube terkenal, Taras pun langsung membuat video cara membedakan Galaxy S6 asli dan palsu.

Berdasarkan video yang diunggahnya, diketahui bahwa kotak penjualan dari versi asli dan palsu terlihat sangat mirip. Warnanya tidak jauh berbeda. Keduanya pun sama-sama tercetak kata “Galaxy S6” di bagian tengahnya.

Akan tetapi, kotak palsu tidak menyantumkan informasi perihal kapasitas memori internal di bagian depannya. Sementara itu, di kotak penjualan perangkat asli, terpampang jelas informasi tersebut.

Meski sama-sama mencantumkan sebuah label di bagian bawah, kotak penjualan perangkat yang palsu tidak dilampirkan dengan informasi yang mendetail di bagian label.

Sedangkan, label kotak penjualan asli terdiri dari berbagai informasi penting mengenai perangkat, seperti nomor serial dan kode dari perangkat.

“Rasakan saja kualitas kotaknya. (Kotak perangkat palsu) terasa terbuat dari bahan yang murah,” ujar Taras.

Dari segi desain perangkat, keduanya benar-benar mirip. Jika tidak, bagaimana mungkin orang seperti Taras bisa tertipu, bukan?

Nah, untuk membedakannya, Taras menganjurkan orang yang ingin membeli perangkat ini untuk mencoba menjalankan atau menggerakkan layar Home dengan cepat. Jika terasa lambat, perangkat itu kemungkinan palsu.

Pasalnya, Galaxy S6 dilengkapi dengan spesifikasi yang sangat tinggi. Oleh karena itu, kecil kemungkinan perangkat ini memiliki respon yang lamban.

“Ingat saja, ini adalah Galaxy S terbaru. (Jika lamban) ia pasti produk palsu,” lanjutnya.

Satu pembeda lain datang dari segi material casing. Menurut Taras, bagian belakang Galaxy S6 yang asli akan dilindungi dengan lapisan kaca. Sementara itu, perangkat palsu ternyata hanya dilengkapi casing berbahan plastik.

Bagi Anda yang ingin tahu cara membedakan antara Galaxy S6 asli dan palsu / KW dapat menonton video di bawah ini.

Share this article
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a reply