Ini Dia Fitur Terbaru Di Android Marshmallow

android marshmallow

Akhirnya Google mengungkap nama dari sistem operasi Android terbarunya, yakni Android Marshmallow, Android 6.0 ini menjadi penerus versi Android 5.0 Lollipop.

Jamal Eason, Product Manager untuk Android mengungkapkan, nama Marshmallow untuk Android 6.0 diambil sebagai nama makanan yang disukai banyak orang. “Apakah Anda menyukai mereka (Marshmallow) saat dikeluarkan dari kantong, dipanggang dengan eksterior cokelat keemasan atau dalam bentuk bulu, siapa yang tidak suka Marshmallow? Kita pasti menyukai Marshmallow,” jelas Jamal.

Lebih lanjut ia mengatakan, konsumen umum belum akan dapat mencicipi OS Android versi terbaru tersebut saat ini, melainkan developer terlebih dahulu yang akan mendapatkan preview OS tersebut. Android 6.0 Marshmallow akan meluncur ke publik pada musim gugur tahun ini.

Seperti dilansir Theinquirer, Selasa (18/8/2015), Alex Ruiz, software engineer di Google mengonfirmasi julukan Marshmallow untuk versi Android terbaru. Alex sekaligus meluruskan spekulasi yang berkembang bahwa Android M bukanlah versi 5.2, melainkan versi Android 6.0.

Seiring dengan konfirmasi resmi penamaan Marshmallow, Google mengumumkanĀ software development kit (SDK) dan M Preview yang tersedia untuk developer. Perangkat Nexus akan mencicipi Android Marshmallow untuk pertama kalinya.

Versi Android 6.0 akan membawa beberapa fitur baru seperti dukungan USB Type-C, Android Pay serta otentikasi sidik jari. Selain itu, OS tersebut juga membawa fitur lainnya yang membuat baterai perangkat lebih hemat.

UntukĀ fitur-fitur baru yang hadir pada perangkat versi OS Android M tersebut yakni :

Izin Aplikasi

Dengan Android 6.0, kini pengguna bisa memilih apakah mengizinkan aplikasi tertentu untuk mengakses fitur pada smartphone. Misalnya, pengguna tidak ingin WhatsApp mengakes lokasi Anda, maka pengguna bisa menonaktifkan fungsi lokasi dalam daftar ‘apps permisssions’.

Penelusuran Memori

Versi Android M akan memberi tahu aplikasi yang paling banyak memakan memori. Ada tampilan baru dalam Android M untuk melihat berapa banyak memori yang diambil oleh masing-masing aplikasi dan pengguna dapat memonitor seberapa sering aplikasi tersebut berjalan.

Akses Fitur Sidik Jari Cepat

Smartphone keluaran terbaru atau smartphone flagship umumnya menampilkan sensor pemindai sidik jari (finger print). Android M akan mendukung sidik jari, tidak hanya untuk membuka (unlock) ponsel Anda, tetapi menawarkan cara baru untuk login ke Google Play Store.

Auto Backup

Android M secara otomatis mem-backup semua data pengguna dan setelan pengaturan ke Google Drive. Dengan demikian, pengguna tidak perlu khawatir kehilangan data atau kerepotan memindahkan data saat mengganti ponsel lama ke ponsel baru.

Hemat Konsumsi Daya

Android M diklaim membuat penggunaan perangkat mobile menjadi lebih efisien dibandingkan versi Lollipop. Versi terbaru Android ini memiliki mode yang menurunkan proses background, sehingga konsumsi daya baterai bisa lebih efisien.

Seperti dilansir Ibtimes, Selasa (18/8/2015), versi Android 6.0 ini akan tersedia untuk smartphone seri Nexus dan Samsung Galaxy. Samsung bahkan telah merilis sebuah infografik yang menampilkan fitur-fitur Android 6.0 untuk handset Galaxy.

Beberapa smartphone yang bakal mencicipi Andoird M pada akhir 2015 antara lain, Galaxy S6 Edge Plus, Galaxy Note 5, Galaxy S6, Galaxy S6 Edge, Galaxy S6 Duos, Galaxy Note 4 Duos, Galaxy Note 4, Galaxy Note Edge, Galaxy Alpha, dan Galaxy Tab A.

Share this article
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a reply