Inilah 4 Smartphone Samsung Yang Akan Rilis Di Indonesia Dalam Waktu Dekat

Samsung yang sedang menggelar ajang Samsung Forum di Bangkok memamerkan seluruh teknologi yang akan dipasarkan pada tahun 2015. Untuk jajaran smartphone Samsung, 4 unit siap meluncur di pasaran Indonesia dengan harga yang cukup kompetitif. Keempat smartphone itu adalah Galaxy Note Edge, Galaxy E5, Galaxy E7 dan Galaxy J1, berikut ini ulasan singkatnya.

Galaxy Note 4 dan Galaxy Note Edge Resmi Diperkenalkan 2

Pertama adalah smartphone Samsung Galaxy Note Edge yang akan launching bulan Maret 2015 dengan harga Rp 10,9 juta. Galaxy Note Edge sebetulnya dirilis berbarengan dengan Galaxy Note 4 di ajang IFA Berlin, Jerman, September 2014 lalu. Namun sayangnya, saat hadir di Indonesia, keduanya tak dipasarkan dalam waktu bersamaan.

Begitupun harganya pun berbeda lumayan jauh karena Galaxy Note 4 dibanderol Rp 8,5 juta, sedangkan Note Edge dihargai Rp 10,9 juta. Lebih lama hadirnya di Indonesia, dan jauh lebih mahal.

“Kami dari Samsung menilai ini adalah waktu dan cara yang tepat mengenalkan Note Edge, jadi tidak bersamaan dengan Note 4. Itu dilakukan juga di beberapa negara, peluncuran tidak bersamaan,” ucap Marketing Director IM Bussines Samsung Indonesia, Vebbyna Kaunang di Bangkok, Thailand.

“Tiap market punya pertimbangan masing-masing dan kami pikir Maret paling tepat untuk luncurkan Note Edge,” lanjut dia yang merasa optimistis phablet anyar Samsung ini tetap akan laku keras di Indonesia meski harganya cukup tinggi.

E‎dge screen atau layar lengkung pada sisi kanan, diyakini sebagai inovasi yang menjanjikan di pasar Indonesia. Itu pula yang membuat Samsung optimistis pasar kelas Edge ini berbeda dengan Galaxy Note 4 yang sudah lebih dulu masuk pasar Indonesia.

“Ada fungsi yang berbeda (antara Note Edge dan Note 4). Awal saya coba pertama apa (kelebihan) edge, setelah dipakai semua shortcut panel‎ notifikasi karena dua screen, beda banget dan nggak ganggu main screen,” ujarnya.

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) memastikan bakal memasarkan Galaxy Note Edge‎ di Indonesia pada awal Maret 2015 dengan harga Rp 10,9 juta.

Sebelumnya pada 31 Januari lalu Galaxy A3 seharga Rp 3,499 juta dan Galaxy A5 seharga Rp 4,999 juta‎ sudah lebih dulu dirilis di Indonesia.

samsung-galaxy-e5-1

Kedua adalah Galaxy E5 yang diperuntukan untuk penyuka selfie dan akan dirilis Maret 2015 dengan harga yang sama dengan Galaxy A5 yakni Rp. 3.499.000 dan memiliki bodi metal alumunium namun spesifikasi yang diusungnya berbeda dari Galaxy A5 yakni memiliki layar 5 inch Super Amoled HD, prosesor 1,2 GHz quad core dengan RAM 1,5 GB, baterai 2.400 mAh, memori internal 16GB serta slot micro SD.

Adapun kamera utamanya 8 megapixel serta kamera depan 5 megapixel yang ditujukan mewadahi kegiatan selfie. Kamera depan ini dapat mengambil gambar dengan sudut hingga 120 derajat. Pengguna juga dapat menjepret cukup dengan perintah suara.

samsung-galaxy-e7-2Sedangkan Galaxy E7 juga memiliki bodi metal alumunium dan dibanderol dengan harga yang sama dengan A5 yakni Rp. 4.499.000 namun memiliki spesifikasi berbeda dimana ponsel ini memiliki layar berukuran lebih besar yakni 5,5 inch HD Super Amoled, prosesor quad core 1,2 GHz dengan RAM 2 GB, dan baterai 2.950 mAh. Galaxy E7 juga punya kamera utama 8 megapixel serta kamera depan 5 megapixel dengan kemampuan sama seperti Galaxy E5.

Galaxy E5 dan E7 memakai sistem operasi Android 4.4 KitKat. Wujud keduanya identik dan cukup elegan, mirip dengan Galaxy A3 dan A5 yang berbodi metal dan diperkenalkan beberapa waktu lalu. Tapi tak dijelaskan apakah E3 dan E5 bahannya juga dari metal.

samsung-galaxy-j1-sm-j100h2

Samsung Galaxy J1 sendiri pertama kali muncul di situs Samsung Malaysia. Ponsel untuk segmen low-end berkode SM-J100h ini menggunakan prosesor dual 1,2 GHz dari Marvell. Tak seperti yang diisukan sebelumnya, yang menyebutkan ponsel itu akan memakai prosesor quad core 64 bit.

Ponsel di kelas menengah ini mempunyai layar 4,3 inch dengan resolusi 800×480 pixel. Punya dua slot SIM card, dan menggunakan OS Android 4.4 KitKat. Kameranya beresolusi 5 megapixel dengan LED flash di belakang, dan 2 megapixel di depan. Samsung juga membenamkan fitur Palm Selfie di Galaxy J1. Fitur ini dikatakan bisa mendeteksi pergerakan tangan, dan menggunakan gesture tersebut untuk mengambil foto.

Ada juga fitur Tap to Take Pics yang membolehkan penggunanya untuk menyentuh bagian manapun dari layar untuk mengambil gambar.

Galaxy J1 juga mempunyai RAM 512 MB, internal storage sebesar 4 GB dengan slot microSD. baterainya yang berkapasitas 1.850 mAh diklaim mempunyai waktu bicara selama 10 jam. Galaxy J1 akan dirilis Februari namun harga Samsung Galaxy J1 sendiri belum diketahui namun di India dibanderol seharga $115 atau sekitar Rp. 1 Jutaan.

Share this article
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a reply