Inilah Fitur-Fitur Unggulan Office 2016

office 2016 fitur

Microsoft akhirnya secara resmi merilis Office 2016, versi terbaru dari Office 2013 ini menjanjikan peningkatan produktivitas yang mulus di semua perangkat bagi penggunanya. Dikatakan General Manager Applications & Services Microsoft Asia Pacific Byron Rader, update ini berupaya memenuhi kebutuhan tren para pekerja masa kini.

Seperti dilansir DetikINET dalam media briefing di Singapura, pekan lalu disebutkan¬†“Kami mensurvei 5.000 karyawan di lingkup Asia Pasifik. Hal pertama yang kami tahu adalah, orang-orang membawa perangkat mereka sendiri. Sekitar 50% orang menggunakan perangkat sendiri untuk melakukan pekerjaan mereka,”.

Selain itu, para pekerja perlu merespons dan berinteraksi melalui email dengan efisien. Mereka pun harus bisa berkolaborasi, memperkaya konten dan mengelola konten dengan mudah dari perangkat apapun.

Rader menyebutkan tiga area utama yang menjadi fokus Microsoft dalam Office 2016. Aplikasi Office 2016, dikatakan pria yang berdomisili di Singapura ini mendukung kerja tim, sempurna berintegrasi dengan Windows 10, dan dirancang layaknya asisten pribadi yang bekerja bagi penggunanya.

“Untuk mendukung kerja tim kami hadirkan co-authoring, update Skype Meetings, berbagi lebih mudah dengan One Note shared notebooks dan Office Anywhere,” ujarnya.

Aplikasi Office 2016 juga diklaim pintar dan lebih powerful ketika dikombinasikan dengan Windows 10. Fitur Cortana + Office, Single Sign On, Office Mobile Apps dan Continuum menjadi andalan Microsoft untuk urusan ini.

Tak ketinggalan, Microsoft juga menghadirkan fitur-fitur pintar yang memudahkan pengguna mengerjakan tugas mereka seperti Powerful Analysis, Tell Me, Smart Lookup, Recently Used Documents dan Modern Attachment.

“Sebanyak 71% para pekerja menghabiskan lebih dari 20% waktu bekerja mereka di luar kantor dan 72% merasa perlu bisa dikontak di luar jam kerja agar efektif melakukan tugas. Sederet aplikasi Office ini akan mendukung produktivitas Anda,” sebut Rader berpromosi.

Microsoft juga berupaya mengakomodasi kebutuhan pengguna multiplatform. Pengguna bisa mengakses dan mengedit dokumen Office di perangkat dengan platform Windows, Android dan Apple.

Bagi pengguna Office 365 Personal dan Office 365 Home, bisa mulai menginstal aplikasi Office 2016 langsung dari office.com. Update otomatis akan mulai dirilis Oktober.

Office 2016 ditawarkan mulai dari USD 119,99 untuk versi Home and Student dan USD 289,99 untuk versi Home and Business.

Microsoft memperbarui interface dan fokus menambah sejumlahtools yang diklaim sebagai teknologi yang berupaya memenuhi kebutuhan para pekerja modern. Berikut adalah fitur-fitur baru di Office 2016.

Para pekerja jaman sekarang, seperti digambarkan General Manager Applications & Services Microsoft Asia Pacific Byron Rader, cenderung bekerja secara tim, sangat mobile, berkolaborasi lebih sering dalam proyek pekerjaan, serta harus cepat terhubung dengan informasi dalam satu kali klik.

“Tiga area utama yang menjadi fokus Microsoft di Office 2016. Mendukung kerja tim, sempurna berintegrasi dengan Windows 10 dan dirancang layaknya asisten pribadi yang bekerja bagi penggunanya,” sebutnya dalam media briefing di kantor Microsoft di Singapura.

Berikut ini adalah fitur-fitur unggulan yang terdapat di Office 2016 :

Co-authoring

Co-authoring memungkinkan sekelompok karyawan mengerjakan sebuah proyek secara bersama-sama. Menggunakan Co-authoring, mereka bisa mengedit dokumen berbarengan pada halaman Word, Power Point dan OneNote yang sama.

“Real-time typing di Word memungkinkan Anda melihat siapa yang sedang mengetik dan mengedit di dokumen yang sedang dikerjakan bersama-sama,” kata Senior Marketing Manager Applications & Services Microsoft Asia Pacific Davina Yeo, sambil memamerkan fitur tersebut.

Real-time typing bisa dipakai ketika pengguna bekerja di dokumen Word yang dibagi dari OneDrive, OneDrive for Business dan Office 365 SharePoint.

Skype in-app integration

Skype in-app integration yang tersedia dalam bentuk aplikasi tersendiri maupun melalui Office Online memungkinkan pengguna untuk melakukan chatting, screen share, serta talk atau video chat langsung dari dokumen yang sedang dikerjakan.

Planner

Planner akan membantu tim yang sedang bersama-sama mengerjakan sebuah proyek mengatur pekerjaan mereka. Fitur ini memudahkan membuat perencanaan baru, mengorganisasikan tugas, dan mengatur tenggat waktu atau status pekerjaan melalui visual dashboards serta notifikasi email.

Sway

Sway disebut Microsoft sebagai aplikasi membuat presentasi yang lebih modern. Solution Sales Lead Microsoft Asia Pacific Heather Emslie menyebut Sway adalah aplikasi unik yang memperkaya konten dan memungkinkan pengguna berkreasi lebih luas.

“Sway adalah aplikasi presentasi yang membuat Anda bisa mengatur konten, memungkinkan Anda menaruh foto, video dan file dari YouTube, komputer, social media seperti Facebook dan Twitter dan OneDrive ke Web browser atau aplikasi smartphone dan tablet,” kata Emslie.

Clutter

Clutter menjadi solusi bagi pengguna untuk mengakses email lebih cepat. Fitur ini mempelajari kebiasaan pengguna memprioritaskan email dan menaruh email dianggap kurang penting di folder terpisah.

Dengan bantuan Clutter, Microsoft memberikan daily summary guna memastikan pengguna tidak melewatkan email penting yang dikirimkan pada hari itu.

Tell Me

Fitur pintar Tell Me membantu menemukan perintah yang tepat dengan cepat. Dengan mengetik di kotak ‘Tell Me’, Anda akan diarahkan langsung ke fitur yang diperlukan. Misalnya ketika mengetik ‘new image’, ‘add pic’ atau bahkan hanya ‘pic’, Tell Me akan menampilkan perintah Insert Picture.

Untuk menggunakannya, di bagian atas ribbon, ketik apa yang Anda cari di kotak ‘Tell Me’. Sementara kita mengetik, sejumlah suggestion untuk hasil pencarian akan muncul. Kemudian, tinggal pilih fitur yang diperlukan.

Smart Lookup

Smart Looup berfungsi mengekplorasi fact-check terms yang ada di dalam email dan dokumen tanpa perlu meninggalkan aplikasi Office. Kinerja Smart Lookup didukung oleh Bing dan menganalisa teks dan konten tertentu untuk memberikan hasil yang relevan.

Untuk menggunakannya, pengguna tinggal meng-highlight kata atau kalimat dalam dokumen yang penting untuk dicari informasinya. Kemudian klik kanan pada kata atau kalimat tersebut kemudian pilih Smart Lookup pada menu yang muncul.

Di perangkat mobile, tekan dan tahan lama kalimat tersebut dan pilih panah di ujung kanan dari toolbar formatting. Di menu yang muncul, pilih Smart Lookup.

Data Loss Prevention

Microsoft meningkatkan sistem keamanan di Office 2016. Tool Data Loss Prevention berupaya mencegah kebocoran data dan mengelola file permission.

Administrator bisa mengaktfikan dan mengatur kebijakan Data Loss Protection untuk dokumen Word, Excel dan PowerPoint. Yang berwenang, dalam hal ini administrator bisa membatasi file apa saja yang bisa dikirim dan kepada siapa, serta mencegah data dikopi dan disalin di luar aplikasi 2016.

Share this article
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a reply