Inilah Top 5 Smartphone Terbaik Tahun 2016

Menjelang akhir tahun 2016 ini banyak produsen yang mulai mempersiapkan produk smartphone terbaru mereka untuk tahun 2017 namun jika menilik lagi di tahun 2016 ada beberapa smartphone yang sukses mencuri perhatian para pemerhati gadget.

Di tahun 2016 banyak vendor yang berlomba-lomba menjadi yang terbaik, baik itu dari segi harga maupun spesifikasi. Anda pun pastinya akan bingung untuk memilih ponsel atau hape yang mana yang cocok bagi Anda.

Nah kali ini Selalutekno.com berhasil merangkum daftar lima smartphone terbaik di tahun 2016 yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Samsung Galaxy S7 Edge
top-5-smartphone-terbaik-tahun-2016-1

Smartphone yang diususng Samsung sebagai pengganti seri Galaxy Note 7 ini memiliki keunggulan dari segi desain dan spesifikasi. Phablet ini memiliki layar lengkung jenis Super AMOLED beresolusi Quad HD (1440 x 2560 piksel) dengan kepadatan piksel 534ppi.

Layar lengkung Galaxy S7 Edge menawarkan fitur layar yang lebih kaya. Pengguna bisa mengakses berbagai aplikasi, ambil foto selfie, hingga kalender hanya dengan sekali ketuk pada layar. Terdapat pula fitur Always-on yang akan membuat jam dan notifikasi di layar Galaxy S7 selalu menyala namun bagian layar lain tetap mati.

Soal dapur pacu, Galaxy S7 Edge dibekali dengan prosesor Snapdragon 820 buatan Qualcomm (untuk Amerika) atau Exynos 8890 dari Samsung. Kedua prosesor itu sama-sama jadi yang terbaik, dan hanya kalah dari Snapdragon 821 yang sudah terpasang di beberapa smartphone seperti Pixel. Meski demikian, Snapdragon 820 pun sudah gahar dengan menawarkan kecepatan data hingga 30 persen lebih dan respon layar 64 persen lebih baik.

Bahkan berdasarkan tes kecepatan yang dilakukan oleh C4ETech, OnePlus 3 yang mengusung RAM 6GB masih kalah dengan Samsung Galaxy S7 yang ‘hanya’ memiliki RAM 4GB. Perlu diketahui bila OnePlus 3 hadir dengan prosesor Snapdragon 820 sementara beberapa varian Galaxy S7 dengan prosesor Exynos 8890. Kedua prosesor ini adalah salah satu yang terbaik saat ini.

Sebagai pelengkap, terdapat RAM 4GB LPDDR4 dan memori internal 32/64 GB. Anda bisa menambahkan kartu microSD hingga kapasitas 200GB!

Beralih ke bagian kamera, Galaxy S7 Edge hadir dengan set-up kamera sama dengan Galaxy S7. Pengguna bisa kamera utama 12MP berfitur Dual-Pixel dan piksel besar untuk menangkap gambar lebih cepat sekaligus mendapat banyak cahaya meski di tempat minim penerangan.

Selain itu, bukaan lensa dari Galaxy S7 Edge sudah f/1.7, terlebar di smartphone sampai saat ini. Piksel besar dan bukaan lensa lebar membuat kamera utama Galaxy S7 Edge mampu menangkap lebih banyak cahaya ketimbang Galaxy S6, bahkan hingga 95 persen lebih banyak!

Agar hasil jepretan tak mudah ngeblur, Samsung menambahkan fitur OIS pada kamera utama. Sebagai tambahan, ada kamera depan 5MP dengan bukaan lensa f/1.7 di smartphone ini.

Fitur lain yang tidak kalah hebat adalah baterai jumbo berkapasitas 3600mAh, terbesar dari Samsung selama ini. Terdapat pula sertifikat anti debu dan air IP68, 4G LTE Cat. 9, dan sistem operasi Android Marshmallow.

2. Apple iPhone 7 Plus
apple-iphone7-jetblk-airpod

iPhone 7 Plus merupakan versi iPhone 7 yang memiliki kelebihan dibandingkan iPhone 7 standar karena fitur dual kamera-nya. iPhone 7 Plus memiliki kamera yang mampu menampilkan efek blur artistik atau bokeh yang ciamik.

Sebenarnya banyak smartphone yang mencoba menyematkan itu, sayangnya tidak semua menampilkan hasil yang benar-benar maksimal.

iPhone 7 Plus bisa menjadi ponsel pertama yang menghasilkan gambar eye-pleasing. Bahkan beberapa analis mengungkapkan hasil jepretan dari iPhone 7 Plus tak kalah dari kualitas gambar milik kamera DSLR.

Menurut Phone Arena, Apple menyematkan dua kamera dan digital signal processor yang membuat kedalaman foto makin terasa. Kamera dari iPhone 7 Plus memiliki 2 kali zoom optical yang berfungsi untuk ‘ngezoom’ tanpa tampak pecah sedikitpun. Mungkin fitur ini membuat iPhone 7 Plus terlihat mewah, namun tentu para pengguna tak seberapa memakainya. Fitur yang mungkin akan sangat disukai oleh pengguna iPhone 7 Plus adalah moda ‘Portrait’.

Portrait mode adalah mode yang dapat memburamkan latar belakang foto potret Anda, yang akan memberi kesan ‘depth of field’ yang lebih dalam. Dalam istilah fotografi hal ini disebut ‘bokeh.’ Gagasan untuk mendapatkan bokeh di hanya sekedar kamera smartphone sendiri adalah hal yang cukup brilian.

Sebenarnya fitur ini jauh dari sempurna, karena hasil yang didapat tak seperti kita menggunakan DSLR atau mirrorless. Namun di kondisi pencahayaan yang bagus, foto potret Anda akan berubah jadi fenomenal.

Focal length 56mm dengan bukaan f 2.8 memang tak terlalu digolongkan dalam lensa portrait jika ini diterapkan di lensa DSLR. Namun ini adalah yang paling portrait jika dibandingkan dengan smartphone lain. Konsep kamera DSLR pun mampu diterapkan, dengan makin dekat kamera ke objek, patar belakang makin blur dan bokeh makin indah.

Hal ini akan membawa selfie Anda jadi makin kece, karena tentu kamera smartphone lain tak bisa melakukan hal semacam ini, dan mirrorless dan DSLR cukup ‘ribet’ untuk mengambil gambar selfie.

Selain itu, kamera depan dari seri iPhone 7 adalah yang terbaik jika dibandingkan dengan flagship lain.

3. Google Pixel dan Pixel XL
google-pixel-smartphones-780x439

Smartphone Google Pixel dan Pixel XL, smartphone pertama yang didesain dan dibuat oleh Google, kedua ponsel ini dibedakan dengan ukuran dan juga resolusi layar. Kedua model Pixel dimotori oleh prosesor Snapdragon 821 dan juga Android 7.1 Nougat terbaru. Dari segi hardware, kedua smartphone Pixel dibuat dari aluminum dengan perpaduan kaca yang mengelilingi kamera, flash serta fingerprint sensor yang disebut ‘Pixel Imprint.’ Kedua layar smartphone ini mengusung AMOLED, keduanya mengusung 4GB RAM, USB-C, pilihan storage 32 atau 128 GB, Bluetooth 4.2, serta 3.5mm headphone jack.

Pixel adalah smartphone pertama yang dilengkapi oleh Google Assistant. Konsep Google Assistant hanyalah dengan menekan lama tombol home, dan mengatakan kata kunci dan Assistant akan muncul. Dari demo yang dilakukan, sang aplikasi asisten bisa ‘diperintah’ untuk melihat kembali foto dari waktu dan tempat tertentu, serta bisa memainkan musik yang Anda minta untuk mainkan, dengan memilih musik dari aplikasi pilihan Anda secara default.

Kamera adalah hal yang juga diunggulkan Google di Pixel. Bagaimana tidak dengan bangga Google menyebutkan bahwa kamera dari Pixel dan Pixel XL mencetak nilai 89 di DxOMark, situs analisis kamera terpercaya. Angka ini adalah rating tertinggi dalam dunia kamera smartphone.

Mengusung resolusi 12.3 megapixel dengan 1.55-micron pixels dan bukaan f/2.0, Google mengklaim bahwa kamera yang diusung Pixel memiliki ‘waktu terpendek untuk mengambil gambar dari semua mobile kamera manapun.’

Fitur utama dalam kamera adalah Smartburst, yang mampu memilih gambar paling tajam dari banyak gambar yang diambil secara cepat. Selain itu terdapat juga fitur HDR+ yang merupakan algoritma pengambilan seri gambar dengan berbagai tingkat kecerahan, yang menghasilkan sebuah gambar HDR.

Fitur yang paling diunggulkan dari kamera Pixel adalah fitur video stabilization berbasis gyroscope, yang secara ‘ajaib’ mampu mengambil video dengan stabil meski kita tidak menggenggamnya dengan baik.

Dengan berbagai fitur ini, Google tak segan-segan melabeli Pixel sebagai smartphone terbaik saat ini.

4. One Plus 3T
top-5-smartphone-terbaik-tahun-2016-2

Ponsel varian OnePlus 3 dengan nama OnePlus 3T ini merupakan smartphone dengan performa gahar karena fiturnya yang mumpuni yakni Chipset Quallcomm Snapdragon 821 dan RAM jumbo 6GB, baterai yang awet, sensor pemindai sidik jari yang sangat cepat, kamera yang solid, layar tajam dan bodi metal yang sangat kuat.

Dengan performa dari aspek apapun yang menyamai flagship papan atas, OnePlus 3T hanya dibanderol harga 439 Dollar, atau 5,8 juta Rupiah. Sangat jauh dibanding harga flagship dari produsen lain yang bahkan harganya bisa di atas 10 juta jika sudah dikurskan ke Rupiah.

Sayangnya OnePlus sudah resmi mundur dari pasar Indonesia, dan kita tak bisa mendapatkan perangkat OnePlus di Indonesia secara resmi. Persoalan regulasi terkait Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) ponsel 4G yang menjadi biang dari hengkangnya mereka. Vendor smartphone luar yang belum mampu memenuhi aturan TKDN, perangkat 4G keluaran vendor tersebut harus dikunci teknologi LTE-nya, menyisakan 3G/2G saja. Namun, tak menutup kemungkinan juga jika ada perubahan regulasi, pihaknya akan kembali hadir.

Walaupun begitu OnePlus 3T sendiri saat ini sudah banyak dijual di toko-toko online atau marketplace di Indonesia.

5. Huawei P9

huawei_p9_9

Smartphone terbaru dari Huawei yakni P9 akhirnya resmi diluncurkan hari ini (6/4/2016). Huawei P9 memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni dimana smartphone ini mengusung dapur pacu yang ditenagai oleh chipset Kirin 955 octa core.

Ponsel dengan layar 5,2 inci ini memiliki RAM sebesar 3GB ini mengusung teknologi Image Signal Processor (ISP). Untuk kapasitas ruang penyimpanan, Huawei menyediakan ruang penyimpanan seluas 32GB. Namun ada juga versi dengan kapasitas lebih luas yaitu 64GB dengan RAM sebesar 4GB.

Android 6.0 Marshmallow didapuk menjadi sistem operasi Huawei P9 dengan sentuhan EMUI 4.1. Adapun di sektor kamera, seperti gencar diberitakan sebelumnya, Huawei mengadopsi teknologi besutan Leica.

Secara garis besar, kamera utama Huawei P9 dibekali lensa kamera ganda; satu monochrome dan satu color. Resolusinya 12 MP dengan bukaan lensa f/0.95. Sementara kamera depannya beresolusi 8 MP.

Di sektor baterai, Huawei sudah menyematkan teknologi pengisian cepat (rapid charging) untuk baterai berkapasitas 3.000 mAh melalui soket USB-Type C. Huawei P9 diklaim teknologi pengisian daya 180% lebih cepat dari iPhone 6s. Misalnya, hanya dalam 10 menit pengisian, Huawei P9 mampu mencapai talk time 5 jam.

Beralih ke konektivitas dan jaringan, khusus pasar Asia, Huawei P9 mempunyai dua SIM card slot, sedangkan untuk pasar Eropa hanya satu SIM card slot. Seperti kebanyakan flagship smartphone lainnya, Huawei P9 juga sudah dibekali dengan sensor sidik jari.

Menariknya, sesuai dengan spekulasi yang berkembang belakangan ini, Huawei juga memperkenalkan Huawei P9 Plus. Dari segi spesifikasi, hanya ada sedikit perbedaan antara Huawei P9 Plus dengan Huawei P9 yaitu layar 5,5 inci FHD (401 PPI), baterai 3.400 mAh, dan teknologi Press Touch Display.

Untuk harga Huawei P9 dibagi menjadi tiga yakni untuk varian P9 dengan RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB, Huawei membandrolnya dengan harga €599 atau sekitar Rp 9 juta.

Sedangkan untuk varian P9 dengan RAM 4GB dan media penyimpanan 64GB dibandrol dengan harga €649 atau sekitar Rp 9,7 juta.

Bila Anda ingin mencari varian yang lebih besar layarnya yaitu P9 Plus, Huawei melego seri ini dengan harga €749 atau sekitar Rp 11 juta.

Share this article
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a reply