iOS 8 Resmi Diperkenalkan, Rilis Musim Semi

iOS 8 Resmi DiperkenalkanEvent Apple WWDC 2014 memperkenalkan iOS 8 yang akan membawa perubahan besar bagi para pengguna perangkat mobile Apple. Perusahaan ini memperlihatkan beberapa update dan penambahan fitur pada iOS 8. Salah satu update terbesar yakni di Control Center yang sebelumnya diperkenalkan di iOS 7, update terbaru ini membawa peningkatan pada aspek notifikasi, dimana sekarang pengguna bisa menggeser notifikasi dan memilih aksi yang akan Anda lakukan seperti membalas pesan, mengirim pesan di Facebook dan me-like status di Facebook. Cara ini juga bisa dilakukan di lockscreen dengan menggeser ke atas maka akan muncul pilihan sesuai aplikasi yang Anda pilih.

iOS 8 Resmi Diperkenalkan rilis musim semi

Selain itu iOS 8 juga memperkenalkan fitur widgets, namun tidak seperti Android, widgets iOS 8 hanya tersedia di Today tab di bagian bar notifikasi dan tidak ada di bagian lain. Apple memperlihatkan fungsi widgets di iOS 8 dengan mengecek skor pertandingan dan menawar barang di eBay secara real time.

iOS 8 Resmi Diperkenalkan rilis musim semi nanti

Fitur multitasking juga mengalami peningkatan di iOS 8, pilihan di menu multitask sekarang memungkinkan Anda untuk mengakses secara cepat buku telepon atau contacts Anda setelah itu Anda bisa memilih untuk menelpon, mengirim pesan atau ber-Facetime dari menu ini. Apple juga memperlihatkan fitur baru di IOS 8 dimana Anda bisa menjawab telepon yang masuk di Iphone melalui iPad Anda.

iOS 8 Resmi Diperkenalkan rilis musim semi 2014

Fitur pengiriman pesan juga mengalami peningkatan di iOS 8 dimana sekarang para pengguna dapat memperlihatkan lokasi mereka dengan orang-orang di grup mereka, mengirim pesan suara dan video dan mengakses gallery dari gambar-gambar yang mereka kirim saat berbicara di grup.

Keyboard QuickType pada iOS 8 akan menawarkan saran kata prediktif, mirip dengan beberapa aplikasi yang saat ini tersedia di Android. QuickType ini tidak hanya belajar dari kebiasaan mengetik Anda namaun juga menyediakan Anda dengan saran kata, dan akan benar-benar menganalisis pesan yang dikirim ke Anda, dan menyesuaikan jawaban yang sesuai.

Contohnya saja saat Anda mendapat pesan dari boss Anda yang akan memecat Anda maka keyboard ini akan menawarkan kata-kata yang bisa Anda pilih seperti “Baik Boss”, “Siaul!” atau “#$%#%!!”. QuickType keyboard akan menganalisis interaksi sebelumnya dengan kontak Anda, dan akan mengubah kosakata yang sesuai.

Jika Anda tidak cocok dengan keyboard ini maka Anda bisa memilih keyboard kustom dari pihak ketiga yang bisa didapat di iTunes store, namun tidak seperti di Android, keyboard kustom ini tidak gratis dan tidak bisa terkoneksi dengan jaringan seperti QuickType.

iOS 8 Resmi Diperkenalkan health app

Health merupakan aplikasi terbaru di iOS 8 dan akan mengumpulkan semua data kesehatan dan kebugaran Anda dari berbagai aplikasi pihak ketiga sampai info yang disediakan oleh dokter setempat Anda. Statistik terukur yang ada di Health termasuk denyut jantung, tekanan darah, data tidur Anda, dan, tentu saja, kalori yang terbakar. Health akan menyimpan semua informasi tersebut.

Untuk mengaktifkan Siri di iOS 8, Anda hanya cukup berkata “Hello Siri!” serupa dengan panggilan untuk memanggil fitur Google Now di Android. Penambahan fitur di Siri antara lain fitur pengenalan lagu, pembelian di iTunes dengan kata-kata dan mengendalikan gadget Anda di rumah yang memakai HomeKit API. Siri di iOS 8 dapat berbicara dan mengenali 22 bahasa namun belum dijelaskan lebih lanjut bahasa apa saja.

iOS 8 akan dirilis musim semi mendatang dan sepertinya serentak dengan dirilisnya iPhone 6. iOS 8 akan kompatibel dengan iPhone 4s dan versi selanjutnya, iPod touch generasi 5 , iPad 2 dan versi selanjutnya, juga iPad mini and iPad mini with Retina display.

 

Share this article
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a reply