Lenovo A6000 VS Xiaomi Redmi 2 – Tarung Ponsel 4G Murah Terbaik

lenovo a6000 vs xiaomi redmi 2

Pertarungan ponsel 4G dengan harga terjangkau nampaknya akan makin sengit, selain harganya yang terjangkau, spesifikasinya juga menawan, seperti beberapa ponsel yang sudah melenggang di Indonesia ini.

Sebenarnya sudah banyak ponsel 4G yang beredar di Indonesia, namun kebanyakan menempati segmen menengah ke atas. Praktis, tak semua kalangan pengguna bisa merasakannya karena harganya yang terbilang mahal. Saat ini tercatat telah ada dua produsen yang telah meluncurkan ponsel 4G di Indonesia dengan banderol yang masuk kategori terjangkau yakni Lenovo dan Xiaomi.

Keduanya belum lama ini meluncurkan ponsel 4G yang selain dihargai cukup terjangkau tapi juga punya spesifikasi yang menawan. Xiaomi menamai ponsel 4G besutannya dengan sebutan Xiaomi Redmi 2, sedangkan Lenovo dengan tipe A6000.

Lenovo A6000 juga memikat lewat spesifikasi yang diusungnya dimana ponsel ini dibekali prosesor Snapdragon 410 dengan besaran RAM 1 GB dan memori internal berukuran 8 GB. Namun dibanding pesaingnya itu bentang layar Lenovo A6000 memang sedikit lebih besar. Ukurannya mencapai 5 inch, resolusinya juga lebih baik karena sudah mendukung HD (1280×720 pixel).

Bagian kameranya memiliki kemampuan 8 MP yang dipadu dengan kamera depan 2 MP. Adapun sebagai pemasok dipasok dayanya Lenovo mempercayakannya pada baterai 2300 mAh.

Kelebihan lainnya Lenovo A6000 adalah hadirnya fitur Dolby Digital Plus. Dengan fitur ini keluaran suara ponsel 4G ini diklaim lebih nendang dibanding ponsel sekelasnya. Tapi fitur Dolby tersebut bukanlah hal baru, karena sudah sejak lama Lenovo membenamkan fitur ini pada sejumlah ponsel-ponsel buatannya.

Harga Lenovo A6000 dibanderol sedikit lebih murah dari Xiaomi Redmi 2 yakni sebesar 1,5 juta. Artinya Lenovo A6000 berhadapan langsung dengan Xiaomi Redmi 1S yang punya spesifikasi sepadan. Namun soal dukungan teknologi seluler tentu Lenovo A6000 lebih baik karena sudah mendukung 4G LTE.

Xiaomi Redmi 2 secara spesifikasi sama persis dengan Lenovo A6000. Ponsel ini juga mengandalkan prosesor Snapdragon 410, dan punya memori internal 8 GB yang bisa ditingkatkan lagi kapasitasnya lewat slot micro SD. Namun untuk urusan RAM, Redmi 2 disebut menawarkan dua versi yakni yang memiliki RAM 1GB dan 2 GB.

Sementara ukuran layarnya juga beda, Redmi 2 menyodorkan bentang 4,7 inch dengan resolusi yang sudah HD (1280×720 pixel). Sedangkan kemampuan kameranya sama dengan Lenovo A6000 yakni 8 MP dan kamera depan 2 MP.

Kelebihan Redmi 2 dibanding kedua pesaingnya itu terletak pada fitur dual-SIM yang dimilikinya. Kedua slot kartu SIM-nya disebut bisa berjalan di jaringan 4G. Jadi tak seperti kebanyakan fitur dual-SIM yang biasaya cuma slot pertama yang jadi prioritas.

Soal harganya, di luar Indonesia Redmi 2 sebenarnya dipasarkan dengan harga yang sama dengan pendahulunya Redmi 1S yakni senilai Rp 1,5 juta. Namun karena belum secara resmi diboyong oleh Xiaomi, di tingkat distributor di Indonesia ponsel ini harganya terdongkrak jadi Rp 1,8 jutaan hingga Rp. 2 jutaan.

Jadi saat ini pemenangnya adalah Lenovo A6000 karena faktor ketersediaan, harga dan spesifikasi.

Share this article
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

1 comment

  1. Marsha 10 June, 2015 at 09:54 Reply

    Kalau internetnya kenceng, pemakaian baterai di smartphone bakalan naik ga ya? Kalau iya, bakal ga enak banget. Walaupun internetnya kenceng tapi boros. :/

Leave a reply