Xiaomi Redmi 2 VS Redmi 1S – Terbaru VS Pendahulu

redmi 2 vs redmi 1s spek harga review

Xiaomi akhirnya secara resmi menjual Redmi 2 di pasar ponsel Indonesia. Redmi 2 pastinya membawa beberapa peningkatan dari segi spesifikasi yang lebih baik dari pendahulunya, Redmi 1S. Berikut ini adalah perbandingan dari Xiaomi Redmi 2 dan Redmi 1S dilihat dari segi desain, layar, kamera, spesifikasi dan harga :

Desain

Dilihat secara tampilan sebenarnya tidak terlalu berbeda. Tapi Xiaomi membuat Redmi 2 memiliki sudut lebih melengkung dari sebelumnya. Lebar bodinya pun dipangkas 1,8 mm.

Keduanya juga mempunyai panjang berbeda, dari sebelumnya 137 mm dipangkas sedikit menjadi 134 mm. Hal ini membuat bezel Redmi 2 jadi lebih tipis. Efeknya layar terasa lebih lega dibanding Redmi 1S. Padahal layar keduanya sama-sama berukuran 4,7 inch.

Redmi 2 lebih tipis 0,5 mm dibandingkan Redmi 1S. Bobotnya pun lebih ringan, bila Redmi 1S berbobot 158 gram, Redmi 2 hanya 133 gram.

Bagian cover belakang Redmi 2 turut berubah. Bila sebelumnya Xiaomi mengusung lapisan glossy di Redmi 1S. Redmi 2 menggunakan lapisan bertekstur soft touch mate. Ini memberikan kenyamanan saat berada di genggaman.

Meski yang masuk Indonesia baru yang berwarna putih. Namun sejatinya Redmi 2 memiliki 5 pilihan warna: yakni hitam, putih, hijau, pink dan kuning. Sementara Redmi 1S hanya menawarkan 3 pilihan warna: putih, abu-abu metalik dan merah.

Layar

Dua smartphone Xiaomi ini tidak memiliki perbedaan dari segi layar dimana keduanya memiliki resolusi HD 1280×720 pixel dengan kedalaman 312ppi. Hanya saja terdapat perbedaan dimana Redmi 1S menggunakan AGC Dragontrail Glass.

Sementara Redmi 2 memakai AGC Dragontrail Screen dengan Fully Laminated Display. Sehingga ketika menekannya tidak ada bunyi kreg pada hardware di dalam layar.

Spesifikasi

Redmi 1S menggunakan prosesor Quad Core Qualcomm Snapdragon 400 yang memiliki kecepatan 1,6 GHz sedangkan Redmi 2 menggunakan prosesor Quad Core Qualcomm Snapdragon 410 64bit berkecepatan 1,2 GHz. Dengan spesifikasi tersebut, Xiaomi mengklaim performa Redmi 2 50 % lebih baik dibanding Redmi 1S.

Pada sektor GPU, Redmi 2 dibekali Adreno 306 sementara pendahulunya menggunakan Adreno 305. Sementara RAM tidak ada perbedaan, masih 1GB. Untuk memori internal tidak ada perbedaan, keduanya menyediakan ruang penyimpanan 8GB. Hanya saja, Redmi 1S mendukung hingga 64 GB penyimpanan MicroSD sementara Redmi 2 hanya mencapai 32 GB saja.

Kamera

Redmi 2 masih mengusung kamera beresolusi 8 MP sebagai kamera utama, namun Xiaomi menjanjikan hasil yang lebih baik, terutama untuk pengambilan gambar dalam cahaya redup. Hal ini dikarenakan peningkatan sensor serta fitur didalamnya, seperti Beautify dan HDR.

Sektor kamera depan, Redmi 1S kalah karena hanya memiliki kamera 1,6 MP. Sementara Redmi 2 dibekali kamera 2MP dengan kemampuan merekam 720p.

Konektivitas dan Baterai

Pada sektor konektivitas dan baterai, Redmi 2 mengalami peningkatan. Koneksi Redmi 2 sudah mengusung dual SIM on 4G. Sementara Redmi 1S hanya Dual SIM On 3G dan 2G.

Pada sisi baterai, Redmi 1S hanya berkapasitas 2.000 mAh. Sedangkan Redmi 2 berkapasitas 2.200 mAH ditambah fitur Quick Charging. Ini membuat Redmi 2 10% lebih tahan lama dari Redmi 1S.

Harga

Xiaomi Redmi 2 dibanderol di harga Rp. 1.599.000 sedangkan Redmi 1S saat ini dibanderol di harga Rp. 1.550.000. Dilihat dari harganya maka yang lebih unggul Redmi 1S.

Kesimpulan

Pemenangnya adalah Xiaomi Redmi 2 yang jauh lebih unggul dari segi desain, layar dan prosessor, harganya pun hanya berbeda sedikit.

Share this article
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a reply