Xperia Z1 Review – 5 Alasan Untuk Membeli Z1

Xperia Z1 review

Xperia Z1 merupakan produk smartphone Sony yang merupakan penyempurnaan dari Xperia Z, Sony kali ini belajar banyak dari kesalahan-kesalahan yang mereka buat dalam Xperia Z. Perbaikan dimulai dari semua segi antara lain layar, performa, hardware dan kamera.

Tetapi dengan harga yang cukup mahal apakah Xperia Z1 layak dibeli, oleh karena itu Selalutekno kali ini mengumpulkan 5 alasan untuk membeli Xperia Z1 dan 3 Alasan untuk tidak membeli Xperia Z1.

5 Alasan untuk membeli Xperia Z1 :

1. Desain

Xperia Z1 memiliki ciri khas desain yang mencerminkan kesan premium dan elegan, dengan menggunakan rangka dengan bahan dari aluminium, membuatnya tampak lebih kokoh dibandingkan pendahulunya. DImana Xperia Z menggunakan bahan plastik yang ditutupi kaca, sama seperti bagian belakangnya.

Sudut-sudut pada Xperia Z1 terlihat lebih membulat dan panel belakang Xperia Z1 terbuat dari material kaca antipecah dan antigores yang membuatnya tampak elegan. Ada tiga tombol fisik di Xperia Z1. Pertama, tombol daya yang tampil mencolok dengan warna perak.

Tombol lainnya adalah untuk mengatur volume. Tombol terakhir merupakan sebuah peningkatan baru di produk yang satu ini, yaitu tombol shutter untuk kamera. Ya, Anda tidak perlu menekan layar lagi untuk mengambil gambar. Cukup dengan tombol shutter ini saja. Kedua tombol ini juga berada di samping kanan.

2. Performa

Penigkatan performa cukup terasa di Xperia Z1, dimana Z1 terasa gegas dan tak ada lag, karena ditopang oleh prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon MSM8974 Snapdragon 800 berkecepatan 2,2 GHz dan RAM 2 GB. Dua komponen inilah yang berperan besar menjamin kelancaran navigasi. Demikian juga ketika eksekusi aplikasi dilakukan. Untuk sekadar membuka tutup atau berpindah aplikasi sangatlah cepat.

3. Kamera

Dengan sensor Exmor RS 1/2.3 inci, salah satu yang terbesar di jajaran kamera ponsel Xperia Z1 terasa cukup mumpuni di bagian ini. Resolusinya sebesar 20,7 megapiksel, dilengkapi dengan lensa buatan Sony, G Lens f/2.0 dan chip proses gambar BIONZ.

Keunggulan ponsel ini cukup terasa ketika pada kondisi kurang cahaya, Secara default, kamera akan diatur pada resolusi gambar 8 megapiksel. Anda bisa mengubahnya menjadi 20,7 megapiksel di bagian Setting mode manual.

Sony menyematkan beragam fitur software di kamera ini. Salah satunya adalah AR Effect. Melalui fitur ini, Anda bisa menambahkan beberapa animasi berbasis augmented reality ke dalam foto. Ada beberapa pilihan animasi menarik, seperti dinosaurus, peri-peri hutan, dan suasana dalam air.

Ada juga fitur yang disebut sebagai Timeshift. Menggunakan fitur ini, Anda dapat mengambil 30 foto sebelum tombol shutter ditekan dan 30 foto setelah ditekan.

Terdapat fitur lain yang disebut Social Live, yang mengizinkan Anda untuk stream up video yang diambil melalui perangkat ini langsung ke akun Facebook dengan durasi hingga 10 menit.

4. Software

Xperia Z1 berjalan di sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean. Tampilan dari sistem operasi ini dipercantik dengan tampilan antarmuka khas Sony. Secara default, terdapat lima buah homescreen yang berisikan aplikasi-aplikasi dari Sony. Pengguna tentunya dapat mengatur sendiri susunan aplikasi-aplikasi tersebut di layar ini.

Jika pengguna menahan jari di layar bagian Home, maka akan muncul beberapa pilihan yang membuat pengguna dapat menambah widget, ikon aplikasi, mengganti wallpaper, dan juga menganti theme.

Tampilan menu utama aplikasi bisa diorganisasikan lewat sejumlah pilihan yang bisa diakses dengan menggeser layar ke kiri sehingga memunculkan sidebar tambahan. Menghapus aplikasi juga bisa dilakukan dari sini.

5. Anti Air dan Debu

Keunggulan Xperia Z1 terletak pada sertifikasi IP58, sebuah standar ketahanan internasional yang menyatakan bahwa ponsel ini  didesain tahan air dan debu. Anda bahkan bisa mengajak ponsel ini menyelam di kedalaman 1 meter selama 30 menit.

3 Alasan untuk tidak membeli Xperia Z1 :

1. Baterai

Walaupun salah satu kelebihan produk ini ada di sisi baterai dimana ponsel ini dibekali oleh baterai yang cukup besar yakni 3.000 mAh tetapi bagi sebagian orang yang termasuk ‘power user’ dan suka membawa cadangan baterai, baterai yang tak bisa dicopot ini mungkin sudah harga mati.

Tetapi Sony sepertinya sudah memikirkan hal ini dimana untuk memperpanjang umur baterai, Sony turut menyediakan sebuah mode yang dinamakan “Stamina Mode”, di mana perangkat ini akan mematikan koneksi data dari jaringan seluler dan WiFi ketika ponsel dalam keadaan Sleep. Meski begitu, pengguna pun masih bisa menerima panggilan dan SMS, serta mendengar musik.

2. Layar

Di atas kertas spesifikasi layar Xperia Z1 memang bagus yakni Resolusi Full HD 1080 p dengan tingkat kerapatan 441 pixel per inch dan menggunakan jenis panel Triluminos yang didukung oleh teknologi X-Reality for Mobile. Mungkin, nama Triluminos sudah tidak begitu asing di telinga Anda. Ya, layar ini digunakan untuk beberapa seri TV layar datar milik Sony. Panel tersebut juga digunakan di Xperia Z Ultra. Teknologi X-Reality sendiri digunakan untuk mempertajam gambar pada foto maupun video.

Tetapi pada kenyataannya layar Xperia Z1 memberi pengalaman kurang baik ketika dipandang dari sudut berbeda. Warna dan kecerahan terlihat bagus ketika mata Anda memandang lurus sejajar dengan layar. Jika mata Anda bergeser sedikit ke atas-bawah atau samping kiri-kanan, kualitas warna dan kecerahan akan menurun.

3. Software

Sebenarnya ini lebih ke selera, banyak orang suka dengan tampilan UI (user interface) Sony tetapi banyak juga yang tidak suka karena terlalu sederhana dan minim fitur. Selain itu saat ini Xperia Z1 masih menggunakan Android 4.3 tetapi Sony menjanjikan update ke Android 4.4 (kitkat).

Nah, selalutekno sudah menjabarkan alasan untuk membeli dan tidak membeli Xperia Z1, keputusan akhir tentunya ada di tangan Anda.

Share this article
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a reply